Posted by: uniquecollection | April 11, 2009

Koleksi Perangko Langka (2)

I.PRANGKO LANGKA TENTANG
“SEJARAH UMAT MANUSIA”

______________________________________________
1.1.TEMA PRA SEJARAH (100 BC-4 ct AD)
______________________________

1.1.1 PENDAHULUAN
a. Tema ini jarang dipergunakan untuk prangko peringatan klasik sehingga sangat sulit menemukan prangko tema prehistori yang langka, kebanyakan terbitan modern dengan gambar menarik dalam edisi jutaan dengan nilai investasi sangat rendah.
b. Jenis tema ini dibagi dalam beberapa subtema yaitu:
1) Karya Antik PraSejarah
Disain prangko adalah gambar seni manusia purba di Goa-goa , karya seni patung dan peralatan manusia kuno .
2)Profil Manusia pra sejarah
Manusia purba sangat jarang menjadi objek karya seni prasejarah, mungkin karena keyakinan dan tradisi mereka, perlu diteliti lebih lanjut. Disain tema ini jarang dijadikan tema prangko langka, bila ada terbitan baru edisi jutaan demi kepentingan komersial.
3) Bangunan Pra Sejarah
Disain bangunan dan Patung pra sejarah yang menjadi kebangaan suatu negara sering dijadikan tema prangko edisi terbatas, sehingga umumnya disain bangunan prasejarah terbitan klasik abad ke-19 dan awal abad ke-20 dengan edisi terbatas terutama edisi amal semipos untuk mengumpulkan dana sumbangan amal bagi penyelamatan bangunan dan promosi tourisme menjadi prangko incaran para kolektor dan investor

1.1.2 KOLEKSI PRANGKO

a. Karya Antik Prasejarah

b. Profil Manusia Prasejarah

c.Bangunan dan Patung Prasejarah

a) Mesir dan Persia Kuno
1)Prangko Mesir tahun gambar Piramid dengan cetak tindih.prangko ini langka bila diatas surat terkirim lewat pos.

b) Junani-Romawi Kuno

1)Prangko Junani
Prangko peringkatan Olimpiafde pertama di Junani, dari seri prangko ini paling langka adalah nominal tertinggi 3 dan 5 m,

2)Prangko Italia
(1)Tema bangunan kuno Masa Romawi terbitan tahun 1949 , peringatan Romagna, perangko ini jadi sangat langka bila diatas sampul terkirim lewat pos.

(2)Perangko amal untuk turisme, disain bangunan kuno Romawi dengan nominal 5 Lire tambah 21/2 Lira. Prangko ini edisinya sangat banyak sehingga dalam kondisi mint tidak langka, nilai investasinya tinggi bila dalam kondisi used diatas sampul terkirim lewat pos.

3)Prangko Belanda
Prangko cetak percobaan yang tidak pernah diterbitkan, disain Dewa Matahari masa Romawi.
Prangko ini tidak pernah dimasukkan dalam katalogus ofisial baik national maupun International.

4)Prangko Perancis
Perancis tahun 1937 , menerbitkan prangko peringatan kemerdekaan dengan disain patung malaikat kuno tanpa kepala dengan sayap , terkenal dengan nama “.Winged Victory of Samatrhrace” dibuat pada abad ke sebagai lambang kemerdekaan
Prangko ini edisinya tidak terbatas tetapi peminatnya cukup tinggi sehingga sulit untuk diperoleh, dan dengan demikian jadi agak langka, tetapi pada lelangan prangko masih dapat ditemui dengan tendensi nilai investasi yang meningkat.

c. Cina Kuno

1) Figur dan Lambang Kaisar Cina Kuno
a)Figur Kaisar Cina tidak pernah diterbitkan pada masa kerajaan Qing, karena dianggap terlalu rendah bilah dicap dengan stempel.
Makanya diterbitkan lambang kerajaan yaitu gambar Naga sebagai perangko pertama Cina yang dikenal dengan Large Dragon yang edisinya terbatas,
b)Republik Cina Teipeh (Taiwan) menerbitkan prangko dengan disain figur kaisar Cina.

2)Figur Bangunan Cina Kuno
Bangunan cina kuno yang sampai saat ini masih terpelihara dan terkenal dijadikan disain prangko adalah Temple of Heaven (Kelenteng Surga) tempat Kaisar melakukan upacara doa.
Prangko ini tidak langka karena edisinya cukup tinggi , tetapi karena cukup banyak kolektor filateli asal cina yang ingin memilikinya , nilai investasinya naik terus terutama yang sudah dipergunakan dengan cap yang jelas (Used) lebih tinggi dari yang belum dipakai(mint), apalagi bila diatas sampul yang dikirim liwat pos.

________________________________________
1.2 TEMA MASA JAHILIAH SAMPAI LAHIRNYA MASA MODERN.(Abad ke-6 s/d 16)

1.2.1 Pendahuluan
Tidak banyak disain prangko me-manfaatkan karya seni masa ini. Kecuali beberapa negara yang sangat erat kaitannya dengan situasi saat itu .

1.2.2 KOLEKSI PRANGKO LANGKA

a. tema The Invader and Setter

b.The Knight (Hero petarung kuno)
Prangko Inggris, tahun 1913, dengan disain the Knight on horse, King George,nominal sepuluh shilling dan satu pound.

c.Jalur Sutera
Tema yang terkait dengan jalur sutra kuno tidak banyak dijadikan disain prangko langka, bila ada terbitan edisi sangat tinggi sampai 10 juta dari negara-negara pencari dana dari prangko sehingga tidak langka dapat diperoleh hampir diseluruh toko prangko.
Kendatipun demikian penulis masih terus mencari informasi , mungkin saja ada prangko lokal yang jarang diinformasikan, harap saja ada pembaca yang berkenan menyampaikan informasi.

d.Masa Keemasan Islam
Aviscena,dokter Islam yang terkenal dijadikan disain prangko dari Jerman Timur, tetapi tidak langka karena edisinya cukup tinggi, walaupun demikian karena kolektor dari pemeluk agama Islam dan medis, maka terlihat nilai investasinya tambah tinggi.

e.Masa Pencerahan dan perang agama

1)Prangko dari Negara Paus Pimpinan agama Katolik atau Papal state (Stato della Chiesa Pontificio),abad ke-19 (1852-1870) dan setelah tahun 1870-1930 dibawah kekuasaan kerajaan Italia.
Perangko Nominal Tiga (trenta) BAJ atau Cent , ternyata sangat langka sebab edisinya terbatas dsan pemakaiannyapun terbatas baik dari terbitan pertama (1852) tanpa gigi dengan nominal BAJ , edisi kedua 1867 tanpa gigi nominal cent, dan edisi ketiga 1869 dengan gigi .
Prangko ini langka baik belum dipakai (mint) maupun sudah dipakai(used), dan sangat langka bila masih diatas sampul yang terkirim liwat pos.

2) Prangko Negara Bagian Kerajaan Italia

Meterai pertama didunia dari Lombardovenetia, dimanfaatkan sebagai prangko akibat belum adanya tersedia prangko saat itu.

Apabila dipergunakan sebagai meterai nilai investasinya rendah, tetapi bila belum dipakai belum ada informasi tentang harga meterai, walaupun saat ini koleksi meterai sudah diakui sebagai benda filateli.

____________________________________________
1.3.Penaklukan Negara-negara abad ke 17 s/d ke-18.
__________________________________________

1.3.1 Pendahuluan
Tema ini merupakan kebangaan bangsa-bangsa penakluk, dan umumnya dijadikan tema disain prangko peringatan edisi terbatas yang sangat langka, terutama pada pameran-pameran internasional pada akhir abad ke -19 dan awal abad ke-20.

1.3.2 Koleksi Prangko Langka.

a. Penemuan Liwat Perjalan Laut
1) Amerika Serikat
Prangko peringatan Colombus, tahun 1886 saat adanya suatu Pameran, Nominal 30 cent keatas edisinya terbatas 300.000, jadi tambah langka karena seluruh kolektor USA ingin memiliki prangko ini, terutama nominal USD 1 sampai 5

b. Spanyol Menaklukan Dunia
Sama dengan ratu Victoria Inggris, Ratu Isabela II juga menjadi disain prangko pertama dari Spanyol, prangko ini langka bila terkirim diatas sampul surat melalui pos, khususnya sering ditemui banyak terkirim kejajahannya di Amerika Selatan, tetapi sangat langka bila terkirim kenegara bukan Jajahan Spanyol.

c.Kerajaan Inggris
1)Prangko Inggris
a) Prangko Pertama DiDunia
Prangko pertama didunia Black Penny tanpa nama negara bewarna hitam, edisinya cukup tinggi , namun nilai investasi cukup tinggi karena hampir seluruh Kolektor filateli ingin memilikinya, khususnya yang terkirim diatas sampul liwat pos, apalagi bila terkirim kenagara bukan jajahan Inggris.
Penemuan di negara bukan jajahan Inggris mungkin ada, tetapi sampai saat ini belum ada yang melaporkannya.

b) Prangko Nominal Tinggi
Nilai mata uang inggris tempo dulu sangat tinggi sehingga prangko nominal tinggi mulai 2 shilling 6 pence, 5 shilling, 10 shilling, 1 dan 5 pound sangat terbatas edisinya terutama masa ratu Victoria, dan raja Edward, sangat langka bila diatas sampul yang terkirim liwat pos,

2)Prangko Koloni Inggris
2.1) Koloni Inggris di Amerika dan Karibia
Prangko langka adalah edisi pertama dari Ratu Victoria, dan nominal tinggi satu Dollar dari
Ratu Victoria dan raja Edward termasuk pranglo contoh dengan cetak tindih specimen.

2.2) Koloni Ingris di Asia-Pasifik
a.Prangko langka adalah sama dengan prangko Inggris, cetakan pertama Ratu Victoria, dan Nominal tinggi dari berbagai negara koloni Inggris seperti
(1)Australia dan negara bagiannya , New Zealand(Selandia Baru), India 4 anna, Perangko India terpakai di strait settlement (semenajung Malaya) dengan capkhusus Malacca, singapura dan Penang, Ceylon, Canada, New Foundland.
(2) Prangko salah disain dari Mauritius dengan judul Mauritius Post office seharusnya Postage, prangko ini sangat langka karena hanya beberapa terkirim pada Undangan Gubernur Mauritius, lainya ditarik dari peredaran dan diganti dengan disain yang tepat.
b.Prangko pertama dengan disain kapal dari koloni inggris umumnya langka seperti :
(1)British Guaina
Prangko termahal didunia, tanpa gigi .
(2)
Disain kapal MC Leod.

2.3)Koloni Inggris di Afika
Umumnya prangko langka dengan nominal tinggi 10 shilling, satu sampai 10 pound dengan disain ratu victoria dan raja Edward atau disain lambang jajahan Inggris di Afrika seperti Rhodesia, British Central Africa, Zanzibar, British West Africa, British East Afira dan British South Africa.
Prangko Used nominal tinggi yang terkirim diatas sampul liwat pos sangat langka, sedangkan yang dipakai sebagai meterai masih rendah tetapi trendnya akan meningkat karena meterai sudah dinyatakan statusnya sebagai koleksi filateli.

1.4. Lahirnya Negara Bangsa-Bangsa Dunia pada abad ke-17 s/d ke-19 .

1.4.1 Pendahuluan
Tema ini sangat menarik bagi setiap bangsa dari negara – negara yang bebas dari penjajahan pada abad ke-17 sampai denga ke-19, disain gambar pemimpin,lambang dan peristiwa deklarasi kemerdekaan merupakan disain perangko edisi terbatas yang langka dalmrangka memperingati kemerdekaan, dan sangat diminati dan dicari oleh para kolektor.

1.4 .2 Koloksi Prangko Unik Lahirnya negara Bangsa-Bangsa Dunia

a.Lahirnya Amerika Serikat
Umumnya terbitan pertama prangko Amerika Serikat abad ke -19 dengan tehnik grill yang sangat tipis terdiri dari titil-titik halus untuk mencegah pemakaian ulang sebab bila stempeldibersihkan prangkp akan rusak walaupun umumnya kondisi prangko saat tersebut kondisinya jelek walaupun edisinya terbatas nialinya tidak terlalu tinggi, kecuali bila belum dipakai atau sudah dipakai dengan warna dan posisi gambar ditengah (center) nilainya cukup tinggi, baik dengan disain president USA maupun lambang negara USA –Eagle (Garuda), tetapi ada juga yang sangat langka yaitu cetakan nongrill serial dengan gambar (pictorial) kuda ponny ekspres pos, kreta api Pos , deklarasi Kemerdekaan USA yang jumlah cetakannya sangat terbatas antara 1900 sampai 3000 saja.
Sampai saat ini jenis prangko tersebut diatas belum pernah ditemui terkirim diatas sampul surat melalui pos ke Indonesia atau negara Asia lainnya, bila ada ini sangat langka.
Prangko jenis grille ini ada yang ditemui diIndonesia, mungkin dibeli dan dihadiahkan dari Amerika.

c.Revolusi Prancis dan Perang Napoleon
a)Prangko Prancis pertama dengan disain Louis Napoleon dan Napoleon III serta Gambar lukisan Ceres langka bila dalam keadaab Mint, sedangkan used tidak langka, serta diatas sampul terkirim liwat Pos sulit ditemui.
b) Prangko tema revolusi Prancis dan disain Napoleon Bonaparte umumnya diterbitkan dalam edisi yang tinggi sehingga tidak langka. Pada saat revolusi Prancis prangko belum diterbitkan, mungkin postal history pra filateli yang ada akan sangat langka tetapi jarang ada informasinya.

d. Negara Bangsa-Bangsa Euro The
1) Negara-Negara Di Jerman
Seluruh prangko dari negara bagian German langka diatas sampul surat yang terkirim liwat pos, tetapi prangko yang lepas baik used maupun mint cukup banyak ditemui sehingga kurang langka.

2) Negara Kontonal Swiss
Prangko Negara bagian Swiss(Helvetia) Umumnya dengan disain lambang negara, seluruh jenis bila diatas sampul terkirim liwat pos terutama ke luar negeri yang harus ditambah prangko negara tujuan karena belum masuk organisasi Pos Dunia (UPU), merupakan koleksi yang Langka.

3)Kerajaan Denmark
Prangko pertama Denmark umumnya dengan disain lambang Negara dan angka antik dengan pewarnaan yang indah dalam keadaan mint atau diatas sampul terkirimliwat pos sangat langka.

4)Kerajaan Norwegia
Prangko pertama Norwegia dengan disian Lambang Negara, figur raja dan disain angka antik dengan pewarnaan yang Indah dalam keadaan mint dan terkirim diatas sampul liwat pos sangat langka.
)
5)Kerajaan Finlandia
Prangko pertama Finlandia dengan disain lambang negara dan memiliki perforasi seperti sisir (Roullet) sangat langka, terutama bila diatas sampul yang terkirim liwat pos.)

6)Kerajaan Swedia
Prangko pertama dengan disain lambang negara dan cetak tindih unik “TOE” dibagian tengah, tanpa gigi, adalah prangko yang sangat langka bila diatas sampul terkirim liwat pos.

7)Negara-Negara Kerajaan Italia
a)Negara bagian seperti Sardinia.Lombardi Venesia.
Prangko pertama negara agian Italia sangat langka bila diatas sampul yang terkirim liwat pos.

b) Negara Vatican
Prangko Vatican umumnya dengan edisi terbatas pada masa Paus Pius XI dan sebagian prangko Peringatan masa Paus Pius ke XII.
Walaupun edisi terbatas dan langka, ternyata nilai investasi tidak terlalu tinggi, kecuali terkait dengan tokoh peringatan terkenal seperti Johannes Bosco, dan peringatan Pos Udara dan UPU.

8)Kerajaan Belgia
Prangko Amal Belgia “ORVAL” nominal tinggi 10 fr + 10 fr dengan disain Kardinal Mercier sangat langka karena edisi terbatas.teritama yang dicetak tindih L(leopold) tahun 1929 sangat langka karena edisinya hanya 5000.

9)Kemerdekaan Amerika Selatan

a) Negara Merdeka Amerika Tengah
Prangko pertama dari Negara Amderika Selatan sangat langka bila diatas sampul terkirim lewat pos.
Disain prangko pertama berupa figur
pahlawan disain angka antik yang berbentuk seperti mata sapi(bull eyes), mata domba sheep eyes) dan Mata Kucing(Cat eyes).

1.4.3 Koleksi tanah Jajahan(Koloni)

a. East India Company
(1) India
Ratu Victoria, 4 anna merah tanpa gigi langka, terutama diatas sampul terkirim atau salah cetak disain ratu terbalik.

(2) Malaya dan Semenanjung(Straight Settlement)
(a) Strairt Settlement meliputi Penang,Malacca, Singapore dan Labuan.
(1) Prangko pertama berasal dari seri pertama ratu Victoria India, tanpa cetak Tindih yang dapat diidentifikasi dari stempel pos khusus dari wilayah tersebut, dan kemudian dengan cetak tindih Mahkota diatas prangko India.
Seluruh jenis prangko pertama tersebut sangat langka bila diatas sampul terkirim liwat pos,
(2) Prangko Straitsettlement disain Ratu Victoria, raja Edward dan Gorge dengan nominal Tinggi mint mulai 1 dollar, 2 dollar, 5 dollar, 25 dollar, 100 Dollar dan 500 dollar sangat langka, nominal tinggi diataspul liwat pos yang ditemui hanya sampai nominal 25 Dollar sedangkan diatasnya umumnya sebagai meterai nilai investasinya mulai naik walaupun relatif masih rendah.

(3) Sarawak
(a) Seluruh prangko sarawak disain figur James Brooke dan Charles Brooke diatas sampul terkirim lewat pos Langkam karena surat yang dikirim hampir 90% surat dinas tanpa prangko dan surat pribadi hanya sedikit dari para keluarga bangsa asing dan penduduk pribumi umumnya butahuruf.

(b) Edisi terbatas prangko Charles Brooke Postage and Revenue, langka baik dalam keaadan mint, used maupun diatas sampul terkirim liwat pos. Terutama nominal 16 cent(edisi 10.440). 32 cent(edisi 10,440) dan 1 dollar (edisi 12.120) prangko ini dapat digunakan jadi meterai sehingga dalam keadaan mint dan used sangat langka, tetapi karena peminat terbatas nilai investasinya belum tinggi.

(4) North Borneo dan Labuan
Prangko North Borneo dan Labuan yang mint dan used dengan stempel bulat jelas nama kota langka terutama diatas sampul terkirim lewat pos.
Prangko dengan stempel garis sangat banyak sebab ini stempel khusus prangko sisa yang kemudian dijual pada loket pos untuk filateli nilainya hanya 10% dari yang stempel bulat kota.
Hal ini perlu jadi perhatian kolektor, selain itu juga banyak prangko palsu diterbitkan pedagang.

(5) Negara Malaya
Prangko disain figur sultan nominal tinggi mulai 2 dollar,5 dollar,100 dollar dan 500 dollar langka khususnya mint, karena jarang terpakai liwat pos.
Sedangkan yang terpakai sebagai meterai masih rendah nilainya walaupun trend meningkat apalagi masih diatas dokumen lengkap,
Nominal rendah yang dicetak tahun 1941 langka karena banyak dicetak tindih Dai Nippon.

b.Negara Jajahan Belanda

(a)Hindia Belanda (Ned:Indie)
(1)Prangko pertama tanpa gigi dan prangko kedua dengan gigi,disain figur raja Willem III ,walaupun edisinya cukup tinggi, nilai investasinya masih lumayan khusus diatas sampul terkirim liwat pos dari kota kecil, atau mint dalam ukuran blok besar seperti blok 20, blok 25 atau terkirim dalam bentuk gabungan prangko pertama, kedua dan ketiga.

(2) Prangko terbitan 1941 menjelang perang dunia kedua, disain ratu Wilhelmina, lukisan Konijnenberg , khusus nominal 20 cent(edisi 200,000),25 cent(180.0000,35 CENT(10.000)5 GLD(9000),10 Gld(21.000) dan 25 gld (14.000)
Sangat langka diatas sampul terkirim liwat pos karena prangko ini sangat terbatas waktu pemakaiannya dan 90 % dicetak tindih pendudukan Jepang khususnya diSumatera dan kawasan timur Indonesia.
Perlu waspada sesudah perang dunia kedua ditemukan beberapa prangko Konijnenberg diatas sampul dengan stempel pos atas permintaan filatelis atau stempel palsu.

(b) Curacao
(1)Prangko Jubileum Wilhemina tahun 1923, nominal 10 gld ,edisi 4200.
,
(2) Prangko disain Wilhelmina,lukisan Konijnenberg nominal 21/2 gld edisi terbatas 74.000.

(c)Suriname
Prangko Jubileum Wilhelmina Tahun 1923, nominal 5 Gulden, edisi sangat terbatas 3408 sehingga sangat langka.

c.Kerajaan Dai Nippon dan Asia Timur Raya.
Prangko Pendudukan Jepang diseluruh asia langka khususnya dengan cetak tindih khusus di Korea, Cina, Malaya dan Indonesia dengan huruf kanji atau stempelmkepala kantor pos umumnya langka terutama diatas sampul yang terkirim lewat pos yang umumnys dengan stempel sensor pada kartupos dan kertas sensor penutup surat yang dibuka untuk disensor
Perlu kolektor waspada karena banyak postal history tiruan atau palsu.
1)Dai Nippon Korea
2)Dai Nippon China
3) Dai Nippon Malaya
4)Dai Nippon Sumatra
5)Dai Nippon Eastren Indonesia
d.Kerajaan Cina disasti Qing
1) Prangko dinasti Qing pertama disain naga besar “Large Dragon” edisi terbatas, langka bila diatas sampul terkirim keluar negeri karena Cina belum jadi anggota UPU sehingga ditambah prangko dari Kantorpos Asing Negara Tujuan seperti Inggris mengunakan prangko Hongkong, Amerika serikat dengan cetak tindih prangko USA dengan China, Italia dengan cetak tindih Pecino)Peking) dan Tientsin(tianjin), Perancis dengan cetak tindih China , Jerman dengan cetak tindih Chine dan edisi Kiatschiou.India dengan cetak tindih C.E.F Chine Expedition Force.
Prangko Large Dragon ditambah prangko pos Asing di Cina dengan berbagai tujuan negara asing pada abad ke-19 dilengkapi dengan stempel khusus merupakan koleksi prangko dan sejarah pos yang paling dicari sebab menunjukkan adanya kekuasaan berbagai negara asing di cina setelah perang Candu.

2) Prangko peringatan ulang tahun Empress Dowger”Cixie” Qing edisinya terbatas, perlu waspada banyak prangko tiruan yang diberi stempel “False”,”Faux”, “Facsimile” dan berbagai tanda lainnya.

3) Prangko lokal dari pelabuhan masa dinasti Qing. Edisinya tidak terbatas tetapi diminati oleh seluruh kolektor bangsa Cina baik dalam negeri atau perantauan (Hoa Kiao,pecinan atau Tionghoa) yang jumlahnya jutaan sebagai kienangan leluhurnya, hal ini menyebabkan prangko tersebut jadi sulit diperoleh terutama diatas sampul terkirim keluar negeri dengan prangko tambahan pos asing.
DiIndonesia, sulit ditemui karena kebiasaan kolektor tempo doeloe untuk melepaskan prangko dari sampul dengan alasan sekuriti larangan menyimpan benda dengan aksara cina. Prangko used yang ditemui umumnya dari Amoy)Xianmen) dan Pos asing prangko Hongkong dengan stempel khusus A1 –shianghai. Sedangkan dari poslokal Hei Ho dan taiwan sangat langka.
Secara lebih terperinci dapat dibaca dalam buku “Tionghoa Unique Collections” dalam bahasa Inggris, bila banyak permintaan akan diterbitkan Edisi bahasa Indonesia “Koleksi unik Etnis Tionghoa” silahkan ajukan permintaan dalam kolom “Comment”

e.Kerajaan Prancis dan Jajahannya
1)Kolektor prangko di Prancis sangat banyak sehingga diterbitkan catalogus khusus Perancis oleh Yvert & Tellier, umumnya prangko klassik disain raja dan penguasa bila diatas sampul terkirim lewat pos langka , sedang prangko diffinitif nominal tinggi 5 franc dalam kondisi mint langka, used tidak langka.

2)Prangko pos udara nominal 500 dan 100 franc edisi awal abad ke-20 langka walaupun edisinya tidak terbatas karena peminatnya banyak dan hanya dapat diperoleh dinegara jajahan prancis sebab dalam negeri prangko ini nominalnya terlalu tinggi, sedangkan dinegara jajahan Prancis kolektor prangko terbatas karena masih banyak yang butahuruf saat itu, dan banyak hilang saat perang kemerdekaan disana seperti di Kamboja,Laos, Vietnam dan Afrika.

3) Prangko Denda (porto) Perancis dengan cetak tindih Jajahannya di Afrika langka seperti cetak tindih Zanzibar karena edisinya terbatas tetapi belum ditemukan referensinya (katalog Yvert tidak mencantum jumlah edisi prangko)

4) Prangko Prancis lukisan Merson nomial tinggi di Perancis langka hanya prangko Mint, sedangkan bila dicetak tindih negara jajahan langka dalamkeadaan used terutama bila diatas sampul terkirim lewat pos,

f.Kerajaan spanyol dan revolusi Jajahannya
Prangko Spanyol dan Jajahannya yang pertama langka bila diatas sampul terkirim lewat pos , karena banyak jajahan spanyol bekerja sama dengan pihak bank menerbitkan prangko dalam edisi tinngi untuk tujuan komersil sehingga prangko mint umumnya tidak langka.

g.Kerajaan portugis dan Jajahannya
1)Sama situasinya dengan Spanyol, prangko pertama dan peringatan langka bila diatas sampul terkirim lewat pos.
2)Prangko jajahanan portugis di Timor langka bila fiatas sampul terkirim lewat pos, karena negara kecil ini rakyatnya jarang tulis surat keluar negeri kecuali para pejabat dan cendikiawan ke Portugis dan Macao , tetapi ke Negara Lain hampir tidak ada alias jarang dan langka.
3)Prangko Macao bila diatas sampul terkirim lewat pos langka sama seperti Timor Leste saat itu Timor Portugeuse khususnya sebelumtahun 1970, karena Macao saat ini termasuk negara RRC.

h.Kerajaan Jerman dan Jajahannya

1)Prangko peringatan Nominal Tertinggi Umumnya bewarna biru dan Multi colour 30,40 cent dan 5 Franc dalam keadaan mint dan used sampai tahun 1970 langka walaupun edisinya tidak terbatas, karena Kolektor Prangko Jerman sangat banyak.
Hal ini kecuali masa Hitler 1939-1945 akibat inflasi dan Hitler cetak prangko jutaan guna keperluan promosi dan propaganda.

2)Prangko pendudukan Jerman di Euro khususnya Perancis dan Italia dengan berbagai jenis cetak tindih sangat langka terutama diatas sampul terkirim lewat pos,

3)Prangko disain Hitler dengan cetak tindih menutup Wajah Hitler saat pembebasan wilayah pendudukan Jerman setelah Hitler meninggal mei 1945 diatas sampul terkirim leat pos sangat langka, karena situasi saat itu jarang ada komunikasi lewat pos.

i.Kerajaan Siam
1) Prangko Kerajaan Siam disain figur Raja Rama langka apabila dicetak tindih nama provinsi dengan aksara Siam langka baik mint maupun used, terutamabila diatas sampul terkirim lewat pos dan keliru nama provinsi lain.

2) Prangko pos Asing di Siam seperti
Inggris dengan cetak tindih B ( Bangkok) diatas prangko Straitsettlment langka mint atau used, terutama bila diatas sampul terkirim lewat pos.

3)Prangko pendudukan Siam di Trenganu, Kedah dan Perlis langka bila diatas sampul terkirim liwat pos,

j.Kerajaan Turki
Prangko pertama dengan lambang, figur raja Turki dan cetak tindih aksara arab pada prangko Mesir langka bila diatas sampul terkirim liwat pos.

1.5 Perang,Revolusi,dan Konstruksi bangsa-bangsa abad ke-19 s/d ke-20
_________________________________
1.5.1. Perang Dunia Pertama
a.Prangko pendudukan Jerman di Euro tidak langka akibat inflasi sesudah perang banyak prangko tersebut kuursnya jatuh dan dicetak ulang dalam jumlah yang sangat banyak, tetapi untuk nominal paling tinggi 10 dan 20 milyar mark diatas sampul terkirim jarang dan langka,
b.Prangko pendudukan Italia dengan cetak tindih Trieste diatas prangko Austria langka jika diatas sampul dikirim lewat pos.

1.5.2.The Soviet Revolution
a.Prangko Rusia masa revolusi Soviet dengan disain Lenin , Mendeleyev(penemu daftar zat kimia ) dan Leo Tolstoy serta Pahlawan Revolusi dan peringatan revolusi terkenal di Rusia walaupun edisinya tidak terbatas karena kolektor prangko Rusia sangat meningkat trend nilai investasinya meningkat,
b. Prangko Rusia didaerah pendudukan didaerah Manchuria Cina dengan cetak tindih huruf Rusia , mata uang cent dan Dollar, bila diatas sampul terkirim lewat pos langka

1.5.4.Perang dunia ke-2
Prangko saat perang dunia kedua baik di Euro , Eropa Timur, Timur Tengah dan Kawasan Asia Pasifik termasuk Asean dengan berbagai cetak tindih bila diatas sampul terkirim lewat pos lengkap dengan berbagai tanda-tanda dan sensor pos langka dan saat ini menjadi incaran banyak kolektor yang umumnya lahir saat itu dan saat ini sudah mapan,
Untuk hal ini baca buku khusus tentang postal history Euro, Middle East ,Dai Nippon di Jawa, Sumatra , Kawasan Timur Indonesia, Malaya, Cina dan Korea.

1.5.5 The Rise of Islamic country
Prangko kawasan Timur Tengah yang beragama Islam yang langka adala :
a.Prangko cetak tindih diatas prangko Inggris dengan nominal tinggi 5 shilling dan 1 pound
b.Prangko disain sultan , raja atau Amir nominal tinggi 500 m. 5 Ryal , 10 Ryal edisi dibawah tahun 1970, khususnya dalam kondisi mint atau used diatas sampul terkirim lewat pos.

1.5.6 The Construction of Euro,APEC,Arab,Africa and America

a. The Euro
Prangko peringatan diseluruh negara Euro edisi tahun 1049 sampai 1959 dengan nominal paling tinggi jerman 30 cent dan 40 cent, italia 55 cent dan 60 cent, swiss(Helvetia) 30 dan 40 cent.
Luxemberg 5 fr umumnya bewarna biru walaupun edisi tidak terbatas langka sulit di
temui dalam keadaan used dengan nama kota dan tanggal yang jelas, karena jarang terkirim karena seluruhnya merupakan prangko amal sedang ekonomi saat itu lagi resesi lalulintas surat sangat minim dan para pedagang terlalu banyak investasi prangko mint.

f Israel
Prangko negara Jahudi ini yang langka yaitu perangko pertama disain koin kuno nominal tinggi 1000 m ,bewarna biru baik mint maupun used.

1.5.7. The Regional War,Democratic Socialism and Humanright

a. Indonesia Independence War
Prangko masa revolusi kemerdakaan Indonesia umumnya tidak terlalu langka karena banyaknya temuan dari arsip kantor yang dikumpulkan saat pemusnahan arsip 25 tahun antara tahun 1970 sampai 1990.
Berdasarkan penelitian beberapa kolektor senior dunia termasuk penulis telah ditemukan beberapa fakta jenis prangko yang langka karena saat diterbitkan situasi tidak memungkinkan dipergunakan liwat pos atau belum sempat dipergunakan wilayah tersebut sudah dikuasai Belanda(NICA= Ned.Indie Civil Agency)

b.China Comunise War
Prangko masa revolusi kemerdekaan dan revolusi Kebudayaan cina diats sampul terkirim liwat pos langka, dibahas secara terperinci dalam buku “Tionghoa Unique collections” bila banyak permintaan akan diterbitkan edisi bahsa Indonesia.

c.South East Asia Liberation War
Prangko masa revolusi dan perang Kemerdekaan dikawasan ex Indocina langka bila diatas sampul terkirim lewat pos, secara terperinci akan diterbitkan buku “ Soutrh East Asia War’s Unique collections” dan bila banyak permintaan akan diterbitkan adisi bahasa Indonesia.

d. Korea
Prangko saat perang Korea diatas sampul sulit ditemui dan langka,khusus edisi Korea Utara (PRK) dan Korea (Selatan) antara tahun1949 sampai 1955.
Secara terperinci akan diterbitkan buku “KOREAN WAR DOCUMENT AND POSTAL HISTORY”


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: